Seru, Pesta Multikultur di Changwon

By Admin

nusakini.com--Kebersamaan dalam keberagaman bangsa menjadi cita-cita bersama. Itulah yang melandasi Migrants' Arirang Multicultural Festival (MAMF). 

Acara yang dihelat di kota Changwon itu diikuti oleh negara-negata asing pengirim tenaga kerja ke Korea. Tak luput, Indonesia yang memiliki hampir 40 ribuan WNI ikutserta dengan antusias. 

Group vokal UNIQORN tampil sebagai finalis pada ajang tarik suara pada 30 September 2017 Sabtu (30/9) malam. Meski tidak menyabet juara utama, namun tampilannya memesona seribuan hadirin. 

Hari berikutnya, tiap negara diberikan ruang khusus bagi penampilan budaya. Tidak tanggung-tanggung, Indonesia menempati satu gedung pertunjukan dengan kapasitas 1000an tempat duduk. Di tempat inilah, kelompok seni masyarakat tampil seperti jaranan dan stand up comedy.  

Yang bikin heboh, tampil di panggung band asal indonesia yang lagi naik daun, Last Child. Ia membawakan beberapa lagu yang diikuti oleh hadirin WNI yang nyaris memenuhi ruangan. 

Acara penting lainnya adalah karnaval. Yang ini memang top. Seratusan WNI menggunakan pakaian Indonesia yang beraneka macam berkeliling jalan protokol kota Changwon. Kelompok Indonesia tersebut termasuk mampu menarik perhatian publik karena keunikannya.

"Saya harap keharmonisan hidup berdampingan diantara banyak bangsa dapat terwujud," ujar salah seorang panitia penyelenggara. 

KBRI Seoul memberikan apresiasi yang tinggi kepada semua pihak, khususnya WNI, yang telah ikut berkiprah dalam mengharumkan nama bangsa di Korea Selatan. "Teman-teman semua adalah duta bangsa," ujar Koordinator Fungsi Pensosbud Diplik dari atas panggung. (p/ab)